Minggu, 04 Oktober 2015

Pengaruh MEA terhadap Warga Negara Indonesia

        

         Pada desember 2015 nanti kita ketahui bahwa Mea (Masyarakat Ekonomi ASEAN) akan dibuka. MEA adalah  sebuah  realisasi pasar bebas di Asia Tenggara. Mau tidak mau dengan adanya MEA ini kita akan bersaing dengan warga negara lain diluar Indonesia dikawasan Asia Tenggara ini. Penduduk didalam MEA akan mempunyai kebebasan untuk keluar masuk disuatu negara dikawasan Asia Tenggara ini. Mereka bebas memilih dimana mereka ingin bekerja atau dimana mereka ingin membangun sebuah usaha, selain perorangan usaha yang telah besar seperti perusahaan juga memiliki hak yang sama untuk berpindah-pindah dan memilih tempat dimana yang di anggap cocok untuk perusahaan tersebut.

            Banyak keuntungan dan juga kerugian yang akan kita dapatkan dengan adanya MEA ini, juga banyak yang akan menyambut MEA ini dengan sukaria atau dengan sebaliknya. Kita ketahui akan banyak dampak bagi warga Negara Indonesia, terlebih bagi SDM yang belum siap menyambut datangnya MEA ini. Di Indonesia ini kita dapat melihat masih banyak SDM yang belum mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA, dengan demikian akan banyak kerugian yang akan kita dapat jikalau masih banyak SDM yang bermalas-malasan untuk mempersiapkan diri, baik kerugian bagi diri sendiri ataupun kerugian bagi negara. Namun sebaliknya bagi SDM yang telah bersiap untuk menghadapi MEA akan banyak keuntungan yang di dapat, baik keuntungan bagi diri sendiri ataupun keuntungan bagi negara.


            Dengan adanya pasar bebas ini  kemapuan berbahasa sangat mempengaruhi daya saing yang ada, Bahasa Indonesia bukan lagi menjadi penguasa di negara ini, namun Bahasa Asinglah yang akan menguasai negara ini. Dengan kata lain Bahasa Indonesia hanya akan menjadi konsumsi masyarakat lokal bukan menjadi bahasa yang menguasai Asean. Dengan demikian kita kembali lagi kepada kesiapan diri sendiri, SDM yang telah mempersiapkan diri akan mendapat keuntungan yang banyak, dan sebaliknya SDM yang bermalas-malasan untuk mempersiapkan diri hanya akan mendapat banyak kerugian.

0 komentar:

Posting Komentar